Alarm Gempa Bumi


Saya Memandang Perlu Suatu Alat yang dapat Mendeteksi Getaran Akibat Gempa di Rumah untuk Selalu Siap Sedia 24 jam Memperingatkan, Meyakinkan dan Membangunkan Kita Saat Gempa Terjadi.
Memang Sudah Ada ALARM GEMPA, Tapi Pasti Harganya Sangat MAHAL dan Tidak Selalu tersedia di setiap Daerah di Indonesia. Untuk Alat ini Biayanya Kurang dari Rp.40.000,-




Bahan
1. Bell Pintu Kabel (bukan wireless)
2. Kawat listrik halus (bisa dipakai dari kabel bell pintu)
3. Kawat (saya pakai dia 2 mm) (untuk dibuat ring/cincin)
4. Pipa paralon (PVC) (saya pakai 1,5” x 40 cm) (berguna sbg pelindung dari angin atau binatang seperti cicak)
5. Unting-unting* (yang diharapkan bergerak saat gempa)
6. Paku secukupnya
* alat tukang berguna untuk menentukan posisi vertikal, kadang disebut bandul aka. lot

Alat:
1. Palu
2. Tang
3. Gergaji
4. Lain2 yang diperlukan
Prinsip kerjanya sih sama saja dengan menekan bell pintu, hanya saja saklar bell dimodifikasi untuk berbunyi saat goyangan unting menyentuh cincin. Saya hanya perlu beli bell pintu (Rp. 25.000) dan unting-unting (Rp. 8.000,-) saja. Gak sampai 40 ribu khan. Sisanya sudah ada pas cari-cari di gudang he…he….
Langkah-langkahnya silakan lihat foto2 dan diagram (tutorialnya pake gambar aja yach saya rasa sudah cukup dimengerti) di bawah ini: 



Share this